01.
Masyarakat Indonesia bersifat multi-etnis
karena memiliki keragaman kelompok suku yang berbeda dan semuanya berhak untuk
hidup dan berkembang di masyarakat. Dalam tinjauan sosiologis, adanya perbedaan
jenis suku tersebut disebabkan oleh faktor sosiologis-historis, yakni ….
a. letak wilayah di antara dua samudera dan dua benua besar
b. keterbaatasaan sarana komunikasi dan transportasi masa lalu
c. pengalaman dijajah bangsa-bangsa besar sebelum merdeka
d. sumber kekayaan alam yang tersebar di seluruh nusantara
e. isolasi sosial karena bentuk wilayah geografis kepulauan
02.
Sikap-perilaku individu dalam
masyarakat:
1. Bersedia membangun usaha-bisnis bersama orang yang berbeda agama.
2. Membentuk perkumpulan khusus bagi orang-orang sedaerah asal.
3. Kurang suka menonton pertunjukan seni tradisional budaya Sunda
4. Belajar ilmu yang disampaikan oleh orang dari suku/agama apa
saja.
Yang dapat merusak kerukunan dan tidak sesuai dengan kehidupan
multikultural adalah ….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4
03.
Perubahan sosial adalah perubahan
yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan … yang mencakup di dalamnya
nilai-nilai dan pola-pola perilaku …(Prof. Selo Soemardjan). Penjelasan tersebut
lebih menegaskan tentang ….
a. tujuan masyarakat
b. lembaga sosial
c. pola-pola perilaku
d. pelaku perubahan
e. unsur yang berubah
04.
Perubahan mode busana mengikuti
pola melingkar-berulang. Dari busana longgar berubah ketat; dan setelah
beberapa waktu lagi, secara bertahap mode busana mengalami perubahan menjadi
longgar kembali, kemudian ketat lagi.
Irama atau pola perubahan tersebut berbentuk ….
a. siklus
b. linear
c. evolusi
d. revolusi
e. inovasi
05.
Beberapa penyebab perubahan
sosial dalam masyarakat:
1. Penemuan baru peralatan dan perlengkapan hidup masyarakat
2. Konflik perselisihan diantara kelompok partai politik peserta
Pilkada
3. Bencana alam yang menimbulkan perubahan lingkungan hidup
4. Penetrasi atau masuknya unsur budaya asing melalui media massa
Yang tergolong factor ekstern bagi terjadinya perubahan sosial
adalah ….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4
06.
Proses globalisasi dapat menghilangkan
batas-batas sosial-budaya dan memberikan keleluasaan bagi kita untuk secara
bebas melakukan kegiatan travel, trade,
dan telecommunication secara lintas
negara. Jika mampu mengambil manfaat
dari globalisasi tersebut, kebebasan komunikasi dengan dunia luar akan
berdampak positif bagi kita dalam bentuk ….
a. masuknya investasi asing
b. banyaknya impor barang dari luar
c. tingginya persaingan bisnis/usaha
d. mudahnya mendapatkan informasi
e. lunturnya jati diri/kepribadian bangsa
07.
Modernisasi mengubah kehidupan
masyarakat menjadi serba efisien, produktif, praktis dan nyaman. Namun,
modernisasi juga mendorong terciptanya pola hidup yang cenderung mengejar kemewahan
duniawi dan konsumtif. Kenyataan tersebut menunjukkan, bahwa modernisasi dapat
menimbulkan dampak negatif dalam bentuk gaya
hidup ….
a. anarkhis, melakukan pengrusakan fasilitas umum
b. sekuler, tidak percaya adanya ajaran dosa dan pahala
c. hedonis, mengutamakan kenikmatan jangka pendek
d. ekonomis, menghemat anggaran belanja/pengeluaran
e. fanatis, hanya mengakui kebenaran kelompok sendiri
08.
Pengertian lembaga sosial
adalah seperangkat norma khusus yang mengatur kegiatan sosial tertentu untuk memenuhi
kebutuhan hidup guna menjaga kelangsungan hidup masyarakat. Jadi, pada dasarnya
lembaga sosial tidak lain merupakan ….
a. seperangkat norma khusus
b. kegiatan masyarakat tertentu
c. upaya memenuhi kebutuhan hidup
d. kegiatan menjaga kelangsungan masyarakat
e. kumpulan individu yang mempunyai norma khusus
09.
Banyak keluarga harus berusaha
menjaga putra-putrinya dari pengaruh negatif gaya hidup liberal/bebas yang serba permisif
dan tidak takut dosa. Upaya orang tua tersebut dilakukan dalam rangka
menjalankan fungsi ….
a. sosialisasi
b. ekonomi
c. edukasi
d. proteksi
e. afeksi
10.
Berdasarkan ketentuan kurikulum
yang berlaku, setiap sekolah Indonesia
harus mengajarkan kepada para siswa mata pelajaran sejarah, bahasa, dan
geografi nasional. Hal itu membuktikan, bahwa lembaga sekolah mempunyai fungsi
….
a. mengembangkan bakat dan minat siswa
b. membentuk generasi yang berbudi luhur
c. mewariskan kekayaan budaya masyarakat
d. memberikan keterampilan untuk bekerja
e. menjaga kesatuan atau integrasi bangsa
11.
Sejak zaman dahulu, setiap masyarakat
mengembangkan lembaga ekonomi yang mencakup lembaga produksi, distribusi, dan
konsumsi. Pada dasarnya, fungsi dari lembaga ekonomi bagi kehidupan masyarakat
adalah ….
a. meningkatkan hasil pertanian pangan
b. menanamkan kebiasaan pola hidup hemat
c. mengendalikan jumlah dan mutu penduduk
d. mengembangkan sistem ekonomi modern
e. mengatur kegiatan mencapai kemakmuran
12.
Seorang siswa melakukan
penelitian dengan topik Semangat
Berkompetisi dalam Belajar. Topik tersebut dipilih karena menarik minat
sehingga mempunyai manfaat bagi siswa peneliti, yaitu ….
a. meningkatkan mutu ilmu pengetahuan
b. mendorong semangat meneliti
c. mengembangkan potensi ilmiah
d. membangun tradisi meneliti
e. memperkaya pengalaman siswa
13.
Ketika mengumpulkan data, siswa
peneliti melakukan kegiatan menyebarkan daftar pertanyaan tertulis kepada
responden. Selang beberapa hari, setelah diisi oleh responden, siswa peneliti
mengambil daftar tersebut.
Dalam contoh tersebut, siswa peneliti memperoleh data teknik ….
a. angket
b. observasi
b. ekperimen
c. wawancara
d. analisasis media
14.
Setelah menyebar kusesioner,
seorang peneliti memperoleh data besaran uang saku harian siswa SMA dalam
menyusunnya dalam tabel sebagai berikut:

Uang Saku (Rp) f Catatan:

25.000 30 Mo = 10.000,-
20.000 40
15.000 60
10.000 70
5.000 40
![]() |
JUMLAH
240
Modus dari data dalam tabel sebesar Rp 10.000,- mempunyai arti,
bahwa ….
a. paling kecil uang saku siswa adalah Rp 10.000,-/hari
b. rata-rata uang saku siswa adalah Rp 10.000,-/hari
c. paling banyak uang saku siswa adalah Rp 10.000,-/hari
d. paling tinggi uang saku siswa adalah Rp 10.000,-/hari
e. paling ideal uang saku siswa adalah Rp 10.000,-/hari
15.
Setiap kegiatan penelitian
perlu disusun dalam bentuk laporan yang tersusun sistematis dan tertulis dengan
menggunakan bahasa Indonesia yang benar. Fungsi pokok dari laporan tertulis
tersebut adalah memberikan kemudahan dalam
….
a. menambah jumlah koleksi perpustakaan
b. mengkomunikasikan hasil penelitian
c. menggali sumber ilmu pengetahuan baru
d. melengkapi tugas mata pelajaran tertentu
e. mengembangkan minat terhadap penelitian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar